Senin, 26 Januari 2015

Manfaat Berbagai Olahan Sayuran dan Jamur



Manfaat Olahan Makanan Sayuran dalam Tubuh Manusia
Di zaman yang modern seperti sekarang banyak olahan makanan yang sangat bermanfat bagi tubuh manusia. Mulai dari olahan sayuran sampai olahan jamur tiram sudah di olah menjadi makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi setiap harinya. Kesehatan merupakan kekayaaan yang mahal yang sangat dibutuhkan oleh manusia, tentu, makanan yang sehat dan mengatur pola hidup yang teratur menjadi aturaan yang sangat perlu dilakukan oleh manusia yang menginginkan tubuh yang sehat.
Pembuat brownis terong khas Kota Batu, Avida laily mengatakan brownis terong ciptaanya sangat bermanfaat bagi kesehataan tubuh manusia, meskipun terong sudah diolah menjadi sebuah brownis, tetapi kandungan gizi dalam brownis terong masih sangat banyak. Seperti yang kita ketahui terong dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, mengandung fitonutrien yang beraktifitas sebagai antioksidan yang baik, bermanfaat bagi kesehatan jantung, bagus untuk kesehatan otak terutama bagi anak dalam kondisi pertumbuhan serta mengandung vitamin B yang sangat tinggi dan dapat juga menjegah kanker. “Tentu ini menjadi makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, terutama bagi pecinta Brownis yang takut dengan kadar lemak yang tinggi” ujarnya.
Saat ditemui disela kesibukkanya Dosen Ilmu Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang, Elfi Anis Saati mengungkapkan bahwa, olahan dari berbagai sayuran dan jamur tiram sangat bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Pada prinsipnya manusia sebaiknya mengkonsumsi makanan itu yang sehat dengan gizi beragam bersumber dari hewan, tumbuhan, yang seimbang (sesuai kebutuhan Kalori, protein, lemak, mineral, vitamin & air)nya.  Bisa diperoleh dari sayur terong, sawi, maupun yang lain. itu merupakan sumber karbohidrat, sebagai sumber tenaga dan kalori, dan sumber karotenoid.
Dosen yang kerap disapa Ibu Elfi ini menambahkan jika Sayuran yang berwarna kekuningan-kemerahan, hijau mengandung bahan-bahan yang dapat mengikat radikal-radikal bebas, antara lain flavonoid (berbentuk polifenol) dan PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid, asam lemak tak jenuh) yang terdapat pada tempe dan kacang-kacangan, minyak kedelai.
Karena itulah diperkirakan hampir semua jenis sayuran dapat mencegah kanker. “Di dalam sayuran, mineral-mineral seperti Fe dan Mg ada dalam bentuk Chelate, yakni dikelilingi oleh asam-asam amino sehingga mempermudah penyerapan mineral sebagai bagian dari metabolisme tubuh dan retensi (berada lebih lama didalam tubuh lebih efisien dan sempurna)”ujarnya.
Ibu Elfi juga berkomentar dengan olahan jamur yang menjadi olahan makanan yang cukup popular masyarakat, Beliau mengatakan bahwa Kandungan gizi yang sangat lengkap tersebut menjadikan jamur tiram memiliki kualitas gizi yang lebih baik jika dibandingkan dengan daging ayam. Oleh karena itu, komoditas ini diharapkan mampu menjadi alternatif bahan pangan masa depan. Disamping nilai gizinya yang tinggi, jamur tiram juga mudah dimasak dan diolah sesuai dengan selera. “Bahan pangan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai lauk maupun sayur, jamur tiram juga bisa disajikan dengan menu apapun, karena memang sifatnya yang sangat fleksibel untuk diolah sebagai makanan” tangkasnya. 

Berbicara tentang manfat mengkonsumsi sayuran dan jamur, Ibu Elfi menambahkan manfaat bagi tubuh kita mengkonsumsi pangan berupa sayur atau jamur disesuaikan dengan kandungan gizi yg dikandung masing masing. Umumnya sayuran itu diutamakan kandungan vitamin (C, A jika berwarna hijau-kuning-merah), serat  (dari jaringan kulit dan ranting daunnya) dan mineral (Fe,Mg.) vitamin berguna untuk mencegah terjangkitnya penyakitit. Dalam sayuran, mineral-mineral seperti Fe dan Mg ada dalam bentuk Chelate, yakni dikelilingi oleh asam-asam amino sehingga mempermudah penyerapan mineral sebagai bagian dari metabolisme tubuh dan retensi (berada lebih lama di dalam tubuh) lebih efisien dan sempurna.

Karena sayuran banyak mengandung vitamin C dan pro vitamin A, yang berfungsi sebagai komponen mencegah penyakit, sedangkan jamur banyak mengandung protein yang berguna antara lain sebagai imunitas dalam tubuh manusia, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan serat nya berguna untuk mengikat asam lemak atau kholesterol yang berlebihan dalam tubuh manusia, oleh karenanya baik dikonsumsi bagi penderita kholesterol atau stroke.”Mengkonsumsi sayuran dan jamur berguna utk memenuhi kebutuhan gizi manusia, yang dalam menjalankan aktivitas hidup membutuhkan beragam zat gizi (ada 6 jenisnya : karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamian & air), jika melebihi kebutuhan yang dianjurkan bisa disimpan dalam tubuh.” ujarnya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar